Simple Thinking About Blood Type by Park Dong-Sun

Simple Thinking About Blood Type

Penulis: Park Dong-Sun
Penerbit: Haru
Tahun terbit: April 2014 (cetakan kelima)
Tebal: 266 halaman
Seri: Simple Thinking About Blood Type #1
Genre: Humor - Novel grafis korea (manhwa) - nonfiksi
Stew score: Sweet!
Target: Teen (11 tahun ke atas!)

Sececap Simple Thinking About Blood Type

Sudah bukan rahasia lagi kalau golongan darah ikut mempengaruhi sifat seseorang. Sama seperti zodiak, shio, lingkungan sekitar, dan kondisi ekonomi.

Atau seperti itulah yang diyakini oleh sebagian orang.

Katanya, orang golongan darah A itu suka keteraturan, makanya mereka seringnya taat pada peraturan.

Katanya, orang golongan darah B itu paling benci dengan kekangan, maka jangan heran ketika mendapati mereka tidak suka dengan peraturan.

Lalu, gimana bila kedua orang bergolongan darah A dan B ketemu ya? Apakah keberbedaan mereka akan membuat mereka bertengkar? Atau bak air dan minyak, berbeda tapi bisa berdampingan?


Citarasa Simple Thinking About Blood Type

Sebelum memulai membahas citarasa buku ini, rasanya kalian boleh tahu apa golongan darahku. Golongan darahku B.

Dan aku rasa kalian berhak tahu soal, Apakah sifat-sifat golongan darah B yang ditulis penulisnya ini sama dengan sifatku? Atau, tepatnya, berapa banyak yang cocok? Jawabannya, hanya sedikit yang cocok. Sifatku justru lebih condong ke golongan darah A dan O.

Golongan darah B dikatakan, tidak suka dengan kekangan. Hal ini benar. Tapi... siapa sih yang mau dikekang? Aku rasa semua golongan darah tidak suka dikekang. Dan soal peraturan (menyangkut hal apa saja)... Pasti ada masanya golongan darah lain merasa jenuh dengan aturan yang ada.

Nah, kenapa aku condong ke golongan darah A dan O?

Jawabannya... Yang benar saja, masa aku mau buka aib sendiri? Hahah XD

Tapi sebenarnya, aku sudah sering melakukannya. Baik secara terselubung maupun tersirat. Lewat blog ini maupun yang pribadi, Junnotes.

Kalau kalian beneran penasaran kayak bakal ada aja ... Kalian bisa mencaritahunya sendiri, hahah XP

Secara keseluruhan, Simple Thinking About Blood Type buku manhwa yang menghibur. Gambar-gambarnya lucu dan mengundang minat tawa. Buku ini sempat... Mengecewakanku karena... Oke, aku mengaku aku membaca lalu membandingkannya dengan sifatku sendiri. Dan ternyata, golongan darahku, sifatnya... Kebanyakan tidak sama. Malah lebih sama dengan golongan darah yang lain.

Aku tidak sekecewa dugaanmu, kok. Park Dong Sun sendiri dalam "Pembukaan"-nya, sudah bilang bahwa, "Buku ini tidak sepenuhnya benar" dan "Aku tidak berpikir bahwa di dunia ini hanya ada golongan darah A, B, O, dan AB saja."

Maka dari itu ada kata "Simple Thinking" pada judulnya.

Jadi bagi yang menggunakannya sebagai acuan, aku sarankan... Gunakan setengahnya atau kurang dari itu. Jangan semuanya.

Sifat manusia itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Usia, lingkungan, pengetahuannya, psikologisnya, kondisi ekonominya, dan seterusnya. Jadi, rasanya agak aneh bila mempelajarinya lewat satu sumber saja.

P.S.
[1] Thanks buat @Dhanarun yang memilihku sebagai pemenang giveaway di blognya dan bikin aku berkesempatan membaca buku yang sempat jadi top ten di beberapa toko buku online ini.

[2] Simple Thinking About Blood Type merupakan buku dari penerbit Haru yang pertama aku baca.

[3] Materi dalam Simple Thinking About Blood Type oke juga digunakan sebagai bahan rayuan, hahah.


Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::
| |

2 comments:

  1. wah saya juga demen buku komik ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak demen sih, hahah. Tapi buku ini memang cukup menghibur :))

      Hapus

 

I'm part of...

Follower

Hey, Jun!